JURUS JITU MENGHADAPI HAMA & PENYAKIT PADI DI MUSIM KEMARAU

Posted by NASA SURABAYA Sabtu, 23 September 2017 0 komentar
Oleh: Agus Budi Setiyono (Ts Pertanian HPT)


  • Perubahan irama iklaim yang terjadi semakin sulit diramalkan,kondisi semacam ini secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada perilaku organisme yang berkembang di pertanaman padi
  • Ketidaknormalan iklim ini  berakibat pula pada meningkatnya gangguan oleh berbagai organisme  yang berkembang di pertanaman padi
  • Kondisi musim kemarau  dengan curah hujan yang masih tinggi membuat peluang besar terhadap berembangnya organisme pengganggu tumbuhan.
  • Hama wereng ,batang coklat,penggerek batang padi kuning & tikus masih menjadi hama utama, karena serangannya sering menyebabkan tanaman padi menjadi puso.Juga yang harus di waspadai kemungkinan serangan penggerek batang blast dan kresek.
  • kementrian pertanian sejak awal tahun memang suda mengingatkan kemungkinan tingginya intensitas serangan hama akibat kemarau pamjang yang cenderung basah  sebagai dampak El Nino.Pemerintah melalui badan Litbang Kementrian pertanian mengingatkan petani akan adanya potensi ledakan serangan hama atau organisme pengganggu tanaman (OPT) padi."Anomali cuaca bisa menyebabkan gangguan terhadap budidaya padi.Musim kemarau basah yang terjadi hampir sepanjang tahun itu memicu potensi serangan hama atau OPT.
  • Untuk itu diharapkan petani lebih cermat & teliti dalam memantau sawahnya.Pemantauan yang cermat menjadi deteksi dini terhadap munculnya hama di sawah sehingga petani bisa melakukan pengendalian hama dengan baik.
  • Upaya mencegah terjadinya serangan hama akan jauh lebih baik daripada menanggulangi bila sudah terjadi ledakan serangan hama.Petani juga di harapkan memperhatikan aplikasi pemupukan dengan tetap menerangkan pemupukan berimbang yaitu berimbang tidak hanya unsur NPK saja tetapi berimbang secara unsur makro dan unsur mikro ( umak umik).Ingat selalu konsep teknologi PIKAT (Pengelolaan Intensif Kesuburan Alami Terpadu) NASA.Pemupukan yang baik akan membuat tanaman kuat menghadapi resiko serangan hama & penyakit.
  • Langkah langkah yang dapat ditempuh untuk mengurangi serangan hama dan penyakit tanaman padi di musim kemarau meliputi: 1.Penggunaan varietas unggul tahan hama penyakit & tekanan/hambatan lingkungan.2.Penerapan teknik budidaya yag mampu mengendalikan hama penyakit tanaman (HPT) dan penggunaan pupuk organik, 3.Peramalan terhadap serangan hama penyakit, 4. Pengendalian OPT secara biologis, 5.Memacu penggunaan pestisida botani.


  • Perbaikan Teknik Budidaya, Penerapan teknik budidaya meliputi ; 
penataan pola tanam dan sistem tanam, dan pengaturan jarak tanaman dan pemupukan dapat menekan perkembangan HPT. Pengaturan pola tanam dalam setahun (tumpang gilir) dengan tanaman yang berbeda HPT-nya, diharapkan dapat memutus siklus hidup dari HPT. Dengan bertanam secara campuran (mixed cropping) effisiensi lahan dapat ditingkatkan, resiko kegagalan dapat dikurangi, sehingga pendapatan petani dapat ditingkatkan. 

Penggunaan pupuk organik (pupu kandang, pupu hijau dan kompos) sebagai pelengkap dan penyeimbang pupuk buatan, selain mensuplai unsur hara juga berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pemberian pupuk organik dapat meningkatkan kapasitas menahan air, sifat penyangga (buffer) tanah dan meningkatkan mikroorganisme dalam tanah yang berguna bagi tanaman.


  • Peramalan terhadap serangan hama dan penyakit
Peramalan terhadap serangan hama penyakit untuk mengetahui dinamika populasi HPT yang dapat digunakan sebagai dasar dalam menentukan cara pengendalian HPT. Pengendalian HPT berpedoman pada ambang kendali dimaksudkan untuk menentukan saat pengendalian HPT secara tepat, memberikan hasil yang maksimal dan menghemat penggunaan pestisida.


  • Pengendalian hama penyakit secara biologi
Secara alami tiap spesies memiliki musuh alami (predator, parasit dan patogen) yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama tanaman. Peningkatan penggunaan pestisida hayati dengan bahan aktifnya jasad renik penyebab penyakit hama khusunya serangga akan mengurangi ketergantungan terhadap insektisida kimiawi. Sebagai contoh pestisida hayati dalam produk NASA adalah Natural BVR bahan aktif Beauveria bassiana. Narutal Glio bahan aktif Gliocladium dan Trichoderma, dan Corrin berbahan aktif Phaenibacillus polymyxa. 


  • Penggunaan pestisida botani
Pestisida botani atau pestisida alami bahan aktifnya berasal dari berbagai produk metabolik sekunder dalam tumbuhan. Misal Rotenon dari akar tuba (Derris eliptica) dan Azadarachtin dari Mimba (Azadirachta indica).  Pestisida botani memiliki beberapa keunggulan yaitu tidak mencemari lingungan, masa aktif residu lebih pendek, mudah dilaksanakan dan murah. Mekanisme kerja botani ini bersifat racun kontak, racun perut maupun bersifat sistemik. Pestisida botani berfungsi sebagai zat pembunuh, penolak, pengikat dan penghambat pertumbuhan OPT, misal PESTONA dan PENTANA.

  • Rekomendasi Produk 

  1. Natural Glio
  2. Natural BVR
  3. PESTONA
  4. Natural PENTANA
  5. Aero-810

informasi pemesanan HP / WA : 081234564177 



                                                                              • Perbaikan teknik budidaya:``
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: JURUS JITU MENGHADAPI HAMA & PENYAKIT PADI DI MUSIM KEMARAU
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/09/jurus-jitu-menghadapi-hama-penyakit.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.