HIDROPONIK SISTEM PASANG SURUT

Posted by NASA SURABAYA Sabtu, 07 Oktober 2017 0 komentar
Pertanian

HIDROPONIK SISTEM PASANG SURUT
  • Pengairan hidroponik sistem pasang surut (Ebb and Flow/Flood and Drain) adalah salah satu sistem hidroponik dengan prinsip kerja yang cukup unik. Dalam hidroponik sistem pasang surut, tanaman mendapat air, oksigen dan nutrisi melalui pemompaan dari bak penampung yang dipompakan ke media yang nantinya akan dapat membasahi akar (pasang). Setelah beberapa waktu, air bersama dengan nutrisi akan turun kembali menuju bak penampungan (surut). Waktu pasang dan surut dapat diatur menggunakan timer sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman tidak akan tergenang atau kekurangan air.
  • Hidroponik sistem seperti ini umunya dilakukan dengan pompa air yang dibenamkan dalam larutan nutrisi (submerged pump) yang dihubungkan dengan pengatur waktu (timer). Ketika timer  menghidupkan pompa, larutan nutrisi hidropinik akan dipompa ke grow tray (keranjang / tempat / pot tanaman). Ketika timer mematikan pompa air, larutan nutrisi aan mengalir kembali ke bak penampungan. Timer diatur dapat hidup beberapa kali dalam sehari, tergantung ukuran dan tipe tanaman, suhu, kelembapan dan tipe media pertumbuhan yang digunakan. Media yang digunakan yang dapat menyimpan air cukup baik untuk sistem hidroponik ini seperti rockwool, vermiculite serta coconut fiber. Langkah berikutnya yaitu pemupukan berimbang untuk mengoptimalkan hasil panen tanaman cukup dengan melakukan penyiraman secara berkala pada pagi dan sore hari. Penyiraman awal bisa dengan air, jika sudah tumbuh tunas bisa diberikan cairan nutrisi hidroponik ABmix dengan ppm standar sayuran daun. Cukup berikan larutan AB mix 50%nya saja, tinggal menambahkan penyemprotan 2 tutup POC NASA dan 1 tutup HORMONIK dalam 12 liter - 15 liter air, agar tanaman lebih baik pertumbuhannya. Namun, jika tidak punya, bisa menggunakan air cucian beras, air bekas teh, kulit telur yang diblender dan lain lain. Usahakan media hidroponik baki, tidak kering tapi juga jangan terlalu basah atau berair. 
  • Keunggulan : tanaman mendapat suplai air, oksigen dan nutrisi secara periodik. Suplai oksigen lebih baik karena terbawa air pasang dan surut. Selain itu juga mempermudah perawatan karena tidak perlu melakukan penyiraman. 
  • Kelemahan : Kelemahan sistem ini diantaranya adalah biaya pembuatan cukup mahal, tergantung pada listrik dan kualitas nutrisi yang sudah dipompakan berkali-kali tidak sebaik pada awalnya. Setelah mengetahui manfaat dan kekurangan sistem ini, tentunya anda mulai bisa memilih sistem apa yang akan anda pakai untuk melakukan budidaya tanaman hidroponik. 
  • Semoga informasi ini bermanfaat
  • Rekomendasi produk : 
  1. POC NASA

  2. HORMONIK




informasi pemesanan HP / WA : 081234564177 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: HIDROPONIK SISTEM PASANG SURUT
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/10/hidroponik-sistem-pasang-surut.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.