5 METODE MEMBASMI KUTU DAUN

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 24 November 2017 0 komentar

Hasil gambar untuk kutu daun
Kutu daun merupakan serangga kecil yang hidup pada tanaman hias, pohon buah-buahan, sayuran, dll. Terdapat hampir 4.000 spesies kutu daun. Kutu daun memiliki tubuh lunak dengan panjang sekitar 3 mm. Warna tubuh kutu daun bervariasi dari coklat, merah, hitam, hijau, atau kuning tergantung pada spesiesnya. Serangga ini makan dengan mengisap getah tanaman terutama pada tunas yang baru tumbuh. Hama ini umumnya ditemukan di bawah daun, bahkan pada akar. Serangan kutu daun mengakibatkan daun menggulung, layu, serta menghambat pertumbuhan tanaman.

Cara Mengendalikan Kutu Daun

Kutu daun dapat dikendalikan dengan atau tanpa menggunakan bahan kimia. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk membasmi kutu daun adalah, sebagai berikut:

Metode 1

Cara paling sederhana membasmi kutu daun adalah dengan menyemprot tanaman menggunakan air. Jika Anda memiliki tanaman dalam pot yang diletakkan di dalam rumah, bawa keluar pot kemudian semprot tanaman dengan air. Semprot setiap hari hingga tanaman terbebas dari kutu daun.

Metode 2

Anda dapat membuat semprotan cabe untuk mengendalikan kutu daun. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 3- 4 cabai, beberapa siung bawang putih, dan satu liter air. Caranya adalah masukkan semua bahan ke dalam blender untuk dihaluskan. Setelah halus, larutkan ke dalam air, kemudian semprotkan ke tanaman yang terserang kutu daun.

Metode 3


Gunakan predator alami untuk mengendalikan kutu daun. Kepik merupakan salah satu predator alami bagi hama ini. Kepik dewasa dapat makan hingga 1000 kutu daun dalam satu hari. Untuk mengatasi kutu daun, lepaskan kepik pada malam hari setelah menyiram tanaman terlebih dahulu. Cara ini umumnya mampu bekerja dengan baik, bahkan pada tanaman yang terserang parah sekalipun.

Metode 4


Masih dengan cara pembasmian dengan organik dengan berbahan hayati yang ramah lingkungan, yaitu dengan PENTANA dan AERO 810, yang mampu mencagah dan mengendalikan kutu kutuan.Ambil 3 tutup PENTANA dan 1 tutup AERO 810, semprotkan secara berkalapada bagian pucuk dan bawah daun.

Metode 5


Jika semua cara sudah tidak mampu lagi mencegah dan membasmi maka alternatif terakhir dengan menggunakan pestisida Kimia. Kutu daun juga bisa dibasmi menggunakan insektisida. Caranya adalah campur satu sendok teh insektisida dengan satu liter air. Masukkan larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada bagian yang terserang kutu daun. Untuk membasmi kutu daun yang menyerang akar, cabut dahulu tanaman dan rendam dalam larutan insektisida selama 2-3 menit. Setelah itu, tanaman bisa ditanam kembali. Pastikan tidak menyiram tanaman terlalu banyak selama seminggu ke depan untuk memastikan insektisida pada akar tidak hilang.

Kini Anda bisa memilih salah satu dari kelima metode di atas dan Anda tidak akan khawatir lagi dengan kutu daun yang menyerang tanaman Anda. Semoga bermanfaat ….
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 5 METODE MEMBASMI KUTU DAUN
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/5-metode-membasmi-kutu-daun.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.