7 CARA AMPUH MENCEGAH HAMA & PENYAKIT IKAN NILA

Posted by NASA SURABAYA Minggu, 19 November 2017 0 komentar
Pengendalian Hama & Penyakit
Ikan nila jarang terkena wabah hama dan penyakit dengan skala besar. Akan tetapi, jika anda membudidayakan ikan nila, anda juga harus mencegah agar wabah hama dan penyakit bisa ditanggulangi. Terutama pada fase pembbitan dan pada saat pembeberan ikan. Pada fase ini penyakit yang menyerang bisa menular melalui aliran air, kontak secara langsung, atau dengan ikan yang secara langsung satu air. Pencegahan harus dilakukan sebelum terkena penyakit, guna menghindari resiko kerugian modal dan waktu terbuang.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa mencegah hama dan penyakit menyerang ikan nila :
1.) Pengolahan Dasar Kolam
Lakukan pengeringan kolam, yaitu dengan cara menjemur kolam dibawah sinar matahari, sebelum hendak membudidaya. Hal ini bertujuan agar hama dan penyakit ynag mungkin masih berada pada dasar kolam tertekan perkembangannya. Kemudian lakukan pengapuran kolam, bertujuan membunuh sebagian penyakit yang akan tumbuh.
2.) Pemasangan Filter atau Saringan
Tujuannya agar filter menyaring air yang akan masuk ke dalam kolam, sehingga hama dan penyakit akan terjaring sebelum air masuk ke dalam kolam.
3.) Pemberantasan Hama Secara Manual
Jika hama yang berada di kolam secara kasat mata bisa dilihat, anda bisa melakukan peberantasan secara manual, yaitu dengan cara membunuhnya secara langsung atau memanfaatkan musuh alami hama.
4.) Menggunakan Bibit yang Unggul
Sebaiknya bibit diperoleh dari pihak yang terpercaya, seperti litbang-litbang pertanian. Penggunaan bibit yang unggul tentunya akan lebih kuat terhadap serangan hama dan penyakit.
5.) Jumlah Ikan per Kolam
Populasi ikan dalam satu kolam haruslah sesuai, hindari jumlah ikan dalam kolam yang terlalu banyak. Hal ini bertujuan agar kadar oksigen yang terlarut di dalam air akan optimal.
6.) Pemberian Pakan yang Sesuai & Lengkap Nutrisi
Pemberian pakan yang sesuai guna menghindari penumpukan pakan yang berlebih. Jika ada pakan yang tersisa, maka pakan akan membusuk dan secara tidak langsung mencemari air kolam, sehingga penyakit akan muncul. Selanjutnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi stres pada ikan akibat faktor iklim maka pemberian produk PT NASA yaitu VITERNA dengan dicampur pada pakan setiap harinya pada waktu pemberian pakan pagi dan sore akan mampu mencegah ikan dari serangan penyakit. Dosisnya adalah 1 tutup VITERNA dicampur 1 liter air untuk dicampur per 3-5 kg pakan ikan. 
7.) Penanganan Ikan yang Benar
Ketika ikan ditebar harus benar-benar dan hati-hati, agar ikan tidak stres. Hindari menebar ikan yang terluka karena ditakutkan luka ikan menyebabkan infeksi, yang kemudian menyebar pada ikan lain.
8.) Menjaga Kualitas Air
Untuk menetralisir sisa pakan dan kotoran ikan yang dapat menyebabkan kualitas air menurun maka sangat tepat menggunakan produk NASA yaitu TON dan TANGGUH PROBIOTIK yang dilakukan 2 minggu sekali. Dosisnya adalah 1 sendok makan TON ditambah 1 tutup botol TANGGUH PROBIOTIK dicampur merata dalam 10 liter air kemudian disiramkan ke kolam per ukuran kolam 100 meter persegi.

Rekomendasi produk : (1) TANGGUH PROBIOTIK, (2) TON (Tambak Organik Nusantara)

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUBUNGI
(CALL / WA / SMS) : 081234564177
site : www.agenptnasa.com
         www.nasasurabaya.com


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 7 CARA AMPUH MENCEGAH HAMA & PENYAKIT IKAN NILA
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/7-cara-ampuh-mencegah-hama-penyakit.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.