BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 17 November 2017 0 komentar
Pertanian
Anda suka berkebun? Namun tidak mempunyai lahan kebun yang luas? Sebenarnya, anda dapat menggunakan halaman rumah sehingga tidak akan menghalangi kegemaran anda untuk berkebun. Anda jangan khawatir karena lahan yang sempit juga bisa jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa hasil buah dan panenan yang tak kalah banyaknya dengan yang memiliki lahan yang luas. Berikut ini adalah beberapa cara mudah memanfaatkan lahan rumah yang sempit untuk berkebun.
Pilih Tanaman yang Memiliki Batang Kecil
Tanaman yang memiliki batang kecil, misalnya cabai, tomat, kangkung, sawi, seledri, dan lain-lain. Keuntungan dari menanam tumbuhan yang tergolong kecil ini adalah dapat ditanam dalam jumlah dan jenis yang banyak dan juga membuat susunan tanaman yang kita miliki terlihat menyenangkan dan beragam. Selain itu, dalam perawatan juga tidak sulit, karena sayur-sayuran ini berukuran kecil.
Menanam Tumbuhan di Dalam Pot
Keterbatasan lahan merupakan alasan utama dari adanya solusi ini. Dengan menanam sayuran di dalam pot maka jumlah tanah yang diperlukan sebagai media tanam dapat dikurangi sedemikian rupa tergantung besar dan jenis pot. Selain itu, tanaman-tanaman berukuran kecil yang telah dipilih tidak memerlukan tanah yang luas untuk perkembangan akarnya. Cukup dengan tanah sedalam 10-15 cm saja, maka tanaman sayur sudah dapat tumbuh dengan baik. Namun tentu saja tumbuhnya tanaman perlu didukung dengan penyiraman dan pemupukan secara baik dan teratur. Sedang untuk pemupukannya cukup semprotkan POC NASA 3 tutup botol dan HORMONIK 1 tutup botol dalam 12-15 liter air. 
Menyusun Pot Vertikal
Setelah benih ditanam di dalam pot, maka proses selanjutnya adalah penataan. Dalam hal ini, kreativitas pemilik tanaman menjadi hal yang penting. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menata pot secara vertikal bukan seperti biasanya yang diletakkan berbaris di tanah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyusun pot secara vertikal, seperti menggantungkan pot di dinding, menanam sayuran kerdil di dalam bambu atau paralon, atau membeli tiang pot yang bersusun. Semua ini dapat dilakukan untuk menyiasati kurangnya lahan pekarangan yang anda miliki.
Pilih Tanaman yang Cepat Tumbuh 
Pastikan bahwa sayuran yang anda tanam tersebut cepat tumbuh dan dapat cepat panen, seperti bayam atau kangkung. Selain karena akarnya yang tidak dapat tumbuh terlalu panjang, hal ini juga untuk memudahkan anda dalam memantau kondisi tanaman yang ada di dalam pot. Bisa saja, benih yang anda tanam ternyata dimakan oleh serangga pemakan biji atau tikus sehingga tidak jadi tumbuh. Variasikan Tanaman yang Cepat Tumbuh dengan Tanaman yang Lambat Pertumbuhannya
Selain menanam benih sayuran yang cepat tumbuh, tanam pula benih sayuran yang lambat bertumbuh, seperti lobak, wortel, dan kacang panjang.

Cara-cara diatas dapat dipraktekkan di halaman rumah anda, agar lahan sempit anda dapat dimanfaatkan secara baik. kini, hobi berkebun anda pun dapat tersalurkan dengan baik.

Rekomendasi produk :

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUB
CALL /WA/SMS : 081234564177
          www.nasasurabaya.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/berkebun-di-lahan-sempit.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.