TIPS MUDAH BUDIDAYA IKAN GURAMI DI KOLAM KECIL

Posted by NASA SURABAYA Selasa, 21 November 2017 0 komentar
Anda pasti pernah merasakan ikan gurami? Selain rasa dagingnya yang empuk, ikan ini dapat diolah menjadi bermacam-macam olahan. Akan tetapi, harga ikan ini cukup tinggi dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda mencoba budidaya ikan gurami di kolam kecil agar tidak terbebani oleh harganya yang mahal dan dapat mengkonsumsinya sendiri.

Berikut ini tips cara membudidayakan ikan gurami di kolam kecil:

1. Menyiapkan lahan

Anda dapat menggunakan media terpal untuk membudidayakan ikan gurami dengan kolam kecil ini. Ukurannya menyesuaikan dengan lahan yang anda miliki, misalnya ukuran 6x10 meter dengan kedalaman 1 meter. Jangan lupa merancang saluran untuk memasukkan air bersih dan untuk membuangnya ketika sudah kotor. Pada bagian pinggiran terpal beri pemberat seperti batu bata agar terpal dapat kuat tidak mudah bergeser-geser.


Jemur calon kolam terlebih dahulu sebelum diisi air serta menaburkan garam gasak yang nantinya dapat mencegah timbulnya jamur. Jika anda menggunakan tanah untuk dilapisi terpal, bukan beton atau bahan lainnya, maka anda perlu menggemburkan tanah terlebih dahulu.

2. Penebaran benih

Tahap budidaya ikan gurami selanjutnya adalah penebaran benih ikan gurami. Bibit ikan ini dapat anda peroleh pada peternak ikan atau pedagang yang menjual bibit-bibit ikan. Pilihlah bibit yang unggul. Ikan gurami yang ditaburkan umumnya berukuran 5 cm.


Anda perlu menyiapkan air untuk kolam ke dalam satu ember terlebih dahulu, kemudian memasukkan benih pada ember berisi air tersebut selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan sebagai langkah agar bibit ikan gurami beradaptasi dengan kondisi air kolam. Setelah bibit beradaptasi pada air kolam yang ada di ember, selanjutnya menabur bibit-bibit tersebut pada kolam yang sudah anda siapkan.

3. Perawatan ikan gurami

Untuk merawat ikan gurami, anda diharuskan mengganti air ketika sudah saatnya tiba agar ikan-ikan tidak keracunan. Anda juga harus memperhatikan masalah pakan ikan gurami, yaitu jika anda menggunakan pakan alami, anda dapat menggunakan daun kangkung dan daun keladi. Selain pakan alami, ada juga pakan apung yang dapat dibeli dalam jumlah kiloan atau sak. Setelah itu, anda dapat sewaktu-waktu memanen ikan gurami tersebut jika ingin membuatnya menjadi santapan lezat keluarga atau menunggu sudah banyak yang besar-besar untuk dijual. Selanjutnya untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan gurami agar tidak mudah terserang penyakit maka berikanlah produk suplemen VITERNA Plus yang mengandung vitamin dan mineral lengkap serta beberapa protein. Dimana penggunaannya dengan dosis 1 tutup botol Viterna Plus dicampur 1 liter air dicampur per 3-5 kg pelet atau pakan ikan setiap hari 2 kali pada pemberian pakan pagi dan sore.


4. Menjaga kualitas Air

Untuk menjaga kualitas air agar ikan gurami tidak mudah terserang penyakit akibat dari gas yang kurang baik bagi ikan dari endapan kotoran dan sisa pakan di dalam dasar kolam dapat menggunakan pupuk kolam TON yang dapat menetralisir gas beracun tersebut dan menumbuhakan plankton sebagai pakan alami ikan.


Budidaya ikan gurami di kolam terpal ini adalah langkah awal sebelum anda mempunyai kolam yang lebih besar lagi sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TIPS MUDAH BUDIDAYA IKAN GURAMI DI KOLAM KECIL
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/blog-post.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.