BUDIDAYA LABU KABOCHA

Posted by NASA SURABAYA Sabtu, 18 November 2017 1 komentar
Pertanian
Labu kabocha merupakan jenis labu yang berasal dari Jepang. Bentuk labu kabocha sama dengan labu kuning yang ada di Indonesia. Namun, warna kulit dari labu kabocha lebih merah dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan labu kuning. Labu kabocha banyak memiliki manfaat pada kesehatan diantaranya menurunkan resiko osteoporosis, mencegah hipertensi, memperlancar pencernaan, mencegah kanker, menyehatkan jantung, dan mencegah penuaan dini.
Cara menanam labu kabocha terbilang mudah, tanaman ini menjalar sehingga memerlukan anjir untuk menjalar. Cara bercocok tanam labu kabocha yang benar dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan cara menanam buah semangka atau buah blewah, namun perlu dibuat anjir seperti cara menanam kacang panjang sebagai tempat rambatan. Berikut ini beberapa langkah cara menanam labu kabocha yang baik dan benar.
1. Menyiapkan Bibit
Bibit labu kabocha saat ini sudah banyak dijual di toko-toko online yang menjual bibit tanaman, atau juga dapat diperoleh di toko pertanian. Atau, jika anda memiliki rekan atau saudara yang pernah membudidayakan labu kabocha, anda bisa meminta biji labu kabocha yang berasal dari buah labu yang sudah cukup tua. Sebelum ditanam rendam biji kabocha, dalam air rendaman 1 tutup HORMONIK dalam 2 liter air. Rendam selama 2-3 jam, dan ambil biji yang tenggelam, tiriskan.
2. Meyiapkan Lahan Tanaman
Lahan tanam untuk menanam labu kabocha harus diolah terlebih dahulu seperti cara menanam lobak putih. Pengolahan dilakukan dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu menggunakan bajak atau cangkul, setelah itu bentuklah bedengan dengan ukuran lebar 80 cm - 120 cm dna ketinggian 40 cm. Kocorkan SUPERNASA 6 kg/ha secara merata dan jika ada jerami sisa panen padi dapat juga ditebarkan di atas tegalan. Jika anda ingin memakai plastik mulsa, pasanglah untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput di area tanam. Biarkan lahan selama seminggu sebelum ditanami.
3. Menanam Biji
Biji labu kabocha ditanam dengan bantuan tugal (kayu yang diruncingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak 40 cm x 40 cm antar lubang tanam. Berikan terlebih dahulu 300 kg dolomit dilahan anda. Jika anda menggunakan plastik mulsa, maka sebelum membuat lubang tanam sebaiknya anda membuat lubang pada plastik terlebih dahulu dengan menggunakan besi bulat yang dipanaskan. Isikan 2 biji labu kabocha pada setiap lubang tanam yang dibuat, kemudian lakukan penutupan dengan menginjak lubang secara perlahan.
4. Perawatan
Cara merawat tanaman labu kabocha dapat dilakukan dengan penyulaman jika biji yang ditanam tidak tumbuh. Bersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitar tanaman. Lakukan pemupukan dengan cara semprot dengan 3 tutup POC NASA dan 1 tutup HORMONIK  dalam 12-15 liter air, setelah tanaman berdaun 3-4. Semprotkan secara berkala. Kocorkan SUPERNASA 3 kg/ha dengan ditambahkan NPK sedikit. Kocorkan 2 minggu sekali sampai umur tanaman kabocha 1,5 bulan. Setelah umur 1,5 bulan kocoran dapat diganti dan diselang-seling dengan POWER NUTRITION  dengan dosis yang sama 3 kg/ha.
Seiring pertumbuhannya, batang labu kabocha akan menjalar. Tanaman ini sebenarnya juga bisa menghasilkan buah jika dibiarkan menjalar di tanah seperti semangka, namun hasil panennya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, perlu dibuatkan anjir atau para-para untuk menopang dan sebagai rambatan batang labu kabocha. Pembuatan para-para sebaiknya dari bambu yang kokoh, karena para-para atau anjir ini akan menahan beban yang besar dari buah labu kabocha.
5. Pemanenan
 Budidaya labu kabocha terbilang cukup singkat, tanaman ini biasanya akan menghasilkan buah yang siap panen pada umur 3 bulan dari penanaman. Pemetikan dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau gunting. Buah labu kabocha juga tidak mudah busuk, buah ini mampu bertahan sampai 1 tahun setelah dipanen asalkan tangkainya disisakan di labunya saat pemanenan.
Selain dibudidayakan di kebun, buah ini juga bisa ditanam di dalam pot atau polybag. Cara menanam labu kabocha di pot atau polybag tentunya hampir sama dengan menanam labu di kebun, hanya saja lahan tanam yang perlu disiapkan adalah pot atau polybag . Kini, saatnya anda mulai mencobanya. Jika anda menanamnya dengan benar, maka hasil buah yang didapatkan juga pasti akan lebih banyak.

Rekomendasi produk : (1) POC NASA; (2) HORMONIK; (3) POP SUPERNASA; (4) POWER NUTRITION

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUBUNGI
(CALL / WA / SMS) : 081234564177
site : www.agenptnasa.com
         www.nasasurabaya.com



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BUDIDAYA LABU KABOCHA
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/budidaya-labu-kabocha.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Diruas ke berapa buah kabocha akan tumbuh?

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.