BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 17 November 2017 0 komentar
Perkebunan
Buah pepaya merupakan salah satu makanan sehat dan dicari oleh banyak orang untuk dikonsumsi. Salah satu jenis pepaya yang mempunyai banyak keuntungan untuk dibudidayakan adalah pepaya jenis pepaya california. Pepaya california dapat dipanen ketika usianya menginjak 8 atau 9 bulan, dengan frekuensi panen bisa dilakukan 4x dalam sebulan.
Dalam membudidayakan pepaya california ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sehingga bisa menunjang pertumbuhan tanaman sekaligus menghasilkan buah yang berkualitas dan sehat.
1. Pembibitan atau Penyemaian
Pada tahap pembibitan ini, bibit bisa didapatkan dari biji pepaya california yang sudah disemai. Usahakan mengambil biji dari buah yang sehat dan sudah masak di atas pohonnya. Alternatif lain adalah membeli benih pepaya california yang sudah terjamin kualitasnya di toko pertanian. Berikut ini adalah langkah penyemaiannya :
  1. Rendam biji-biji tersebut di dalam air selama kurang lebih semalam. Kemudian, buang biji-biji yang mengambang dan ambil biji-biji yang tenggelam.
  2. Letakkan biji di atas koran basah lalu simpan di tempat teduh sampai tumbuh tunas. 
  3. Jika tunas sudah tumbuh maka pindahkan bibit ke  polybag yang sudah diisi tanah dan kompos / pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.
  4. Sirami dengan air secukupnya dan letakkan ditempat yang terkena sinar matahari.
  5. Umumnya biji bisa ditanam ketika umur 1 sampai dengan 1,5 bulan setelah penyemaian.
2. Persiapan Lahan
  1. Bersihkan lahan dari rumput liar dan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.
  2. Buat bedengan untuk penanaman dalam jumlah banyak. Bedengan berfungsi agar tidak ada genangan disekitar tanaman yang dapat merusak batang menjadi busuk.
  3. Buatlah lubang tanam berukuran 50 cm dengan jarak antar lubang 2,5m x 2,5m. 
  4. Diamkan lubang tanam selama 15 hari, kemudian lubang ditimbun kembali dengan tanah yang telah dicampur 25 gram SUPERNASA, namun tidak sampai menutup lubang. Jangan lupa taburkan DOLOMIT sebelum ditinggalkan.
  5. Lubang dialiri air secukupnya sehari sebelum penanaman.
3. Penanaman
Pindahkan bibit pepaya california yang sudah berusia 1,5 bulan dari polybag ke lubang tanam. Selanjutnya lakukan penanaman bibit pada sore hari. Lepaskan plastik polybag dan tanam bibit beserta tanah media semainya secara hati-hati, lalu timbun dengan tanah disekitar lubang tanam.
4. Perawatan
Untuk menunjang pertumbuhan dan kualitas pepaya harus dilakukan perawatan secara intensif.
  1. Penyulaman dilakukan apabila ada bibit yang mati karena penyakit atau hama atau panas matahari dan tidak tumbuh normal.
  2. Penyiraman dilakukan secara rutin dan secukupnya, tidak berlebihan dan tidak kurang. Agar tanaman mendapatkan asupan air yang cukup. Kocoran pertama tambahkan 15 gram SUPERNASA per bibit tanaman.
  3. Perhatikan saluran drainase, agar tidak ada genangan di sekitar tanaman.
  4. Pemupukan dilakukan dengan memberi pupuk NKP 200 gr/pohon. Penyemprotan tanaman juga dilakukan setelah tanaman berusia 3 minggu dengan POC NASA 3 tutup dan HORMONIK 1 tutup dalam 12-15 liter air. Semprotkan 2 minggu sekali. Memasuki usia 3 bulan berikan pupuk sebanyak 300 gr/pohon. Usia 6 bulan berikan pupuk sebanyak 500 gr/pohon dan ditambah dengan POWER NUTRITION 3 kg/ha atau sekitar 10 gram per tanaman. Usia 9 bulan diberikan 500 gr/pohon. Usia 12 bulan diberikan 500 gr/pohon dan 10 gram SUPERNASA dan 10 gram POWER NUTRITION dicampurkan. Setelah pohon berbuah, berikan pupuk KCl 500 gr/pohon.
  5. Pangkas tunas atau dahan-dahan yang mengganggu.
  6. Jaga kondisi pH tanah diantara 6-7.
5. Pemanenan
Pemanenan sudah bisa dilakukan setelah usia panen menginjak 8-9 bulan. Ciri-cirinya terlihat tanda garis kuning pada buah pepaya menandakan buah pepaya sudah matang. Tangkai dipotong dengan gunting pangkas / pisau tajam agar tidak merusak buah. Pemanenan bisa dilakukan setiap 10 hari sekali atau 4x dalam sebulan. Mudah dan menarik kan?

Rekomendasi produk : (1) POC NASA; (2) HORMONIK; (3) POP SUPERNASA; (4) POWER NUTRITION

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUBUNGI
(CALL / WA / SMS) : 081234564177
           www.nasasurabaya.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/budidaya-pepaya-california.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.