CARA MUDAH BUDIDAYA IKAN BAWAL DI KOLAM TERPAL

Posted by NASA SURABAYA Rabu, 08 November 2017 0 komentar
(foto ilustrasi : http://ilmuhewan.com/wp-content/uploads/2016/05/asew-1.png)
Perikanan
Ikan bawal saat ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, hal ini dikarenakan permintaan ikan bawal meningkat. Peningkatan ini terjadi karena ikan bawal secara tekstur mempunyai rasa yang gurih dibanding ikan lainnya. Hal inilah yang membuat banyak pembudidaya ikan beralih budidaya ke ikan bawal.
Budidaya ikan bawal bisa menggunakan kolam yang terbuat dari terpal. Penggunaan terpal sebagi kolam akan lebih memudahkan dalam melakukan pemeliharaan dibandingkan menggunakan kolam dari tanah. Selain itu, lahan yang diperlukan tidak terlalu luas dan biaya yang relatif lebih murah.
  1. Persiapan Kolam. Kolam terpal harus diisi air minimal 50 cm kemudian dibiarkan selama 2 hari. Setelah 2 hari, air kolam diganti lagi dan dibiarkan lagi selama 1 minggu dengan ditambahkan beberapa treatment seperti memberikan daun ketepeng atau daun pepaya sebagai antiseptik.
  2. Pemupukan Dasar. Pada budidaya ikan bawal di kolam terpal, pemupukan pada dasar kolam tidak perlu dilakukan. Hal ini berbeda dengan kolam dari tanah yang memerlukan perlakuan khusus, seperti pemupukan. Hal yang perlu diperhatikan lainnya ketika menggunakan terpal sebagai kolam adalah sanitasi dan kebersihan terpal tersebut. Pencucian dan perendaman mutlak dilakukan untuk menjaga budidaya ikan tetap berlangsung.
  3. Penebaran Benih. Pada kolam terpal, benih ikan bawal yang disebar paling tidak berukuran 5-12 cm. Penebaran benih ikan bawal harus dilakukan dengan plastiknya untuk memberikan adaptasi kepada bibit ikan. Setelah 2 jam, bukalah penutup plastik tersebut dan biarkan bibit ikan bawal keluar dengan sendirinya. Pemberian benih ikan bawal adalah 100-150 ekor/meter. Hal yang harus diperhatikan dalam budidaya kolam terpal adalah pemasangan penyaring untuk mengalirkan oksigen.
  4. Pemberian Pakan. Pakan merupakan bagian paling penting dari budidaya ikan bawal, karena hampir mengeluarkan biaya hingga 60% dari total biaya operasional. Pemberian pakan ikan bawal harus dilakukan secara teratur. Pemberian pakan per hari paling tidak harus 3-5 % dari berat tubuh dari benih ikan dan kandungan protein minimal 25%. Untuk menunjang perkembangan bibit ikan, pemberian pakan harus dilakukan tiga kali dalam sehari dengan cara menyebar secara merata ke area kolam. Untuk meningkatkan potensi hidup ikan, pemberian vitamin, seperti lipopolisakarida dapat dicampurkan dengan pakan. Selain itu kolam juga harus dibersihkan paling tidak 20 hari sekali menggunakan spons.
  5. Pemanenan. Waktu panen ikan bawal dapat dilakukan setelah ikan berumur 4-5 bulan, atau setidaknya jika berat tubuh ikan bawal sudah mencapai 300-500 gram. Penggunaan alat untuk panen biasanya berupa jaring yang berdiameter lebar. Sama seperti budidaya ikan yang lain, panen ikan bawal juga dapat dilakukan secara selektif maupun secara menyeluruh. Pemanenan biasanya tergantung dengan tujuan panen tersebut, apakah untuk konsumsi pribadi atau utuk dijual.

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUB :
CALL /WA/SMS : 081234564177

site : www.agenptnasa.com
           www.nasasurabaya.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA MUDAH BUDIDAYA IKAN BAWAL DI KOLAM TERPAL
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/cara-mudah-budidaya-ikan-bawal-di-kolam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.