MENANAM BUAH NAGA DALAM POT

Posted by NASA SURABAYA Minggu, 19 November 2017 0 komentar
Pertanian
Anda penyuka buah naga? Jika anda ingin menikmati buah naga tanpa membeli dipasar atau ingin menanam dalam jumlah sedikit caranya mudah saja, anda bisa saja menanamnya sendiri di pot. Selain anda bisa menikmati buahnya, buah naga ini juga akan menghiasi rumah anda. Kelebihan yang lain adalah tanaman ini bisa anda pindah-pindahkan sesuai keinginan anda.
1. Pot 
Anda bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastik, tanah liat, atau bahan lainnya. Akan tetapi, pot berbahan tanah liat lebih baik dibandingkan dengan pot berbahan lainnya karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Ukuran pot, semakin besar maka akan semakin baik, minimal berdiameter sekitar 40 cm.
2. Tiang Panjatan
Tanaman buah naga membutuhkan tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nantinya tiang ini akan menopang beberapa cabang produksi yang berat. Tiang perlu dipilih dari bahan yang kuat dan perlu juga diperhatikan jangan sampai pot tidak bisa menahan beban berat tiang panjatan.
Tiang panjatan dibuat dari besi, beton, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama dengan diameter antara 8-10 cm. Tinggi tiang antara 150-200 cm disesuaikan dengan besar pot. Pada bagian bawah tiang diberi kaki-kaki penguat agar lebih kuat menahan dan tidak mudah goyah.
3. Media Tanam
Bahan-bahan yang diperlukan adalah pasir, tanah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 gr dicampur rata dengan bahan-bahan tersebut. Kemudian, media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.
4. Penanaman Bibit
Bibit sebaiknya dipilih yang besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit. Panjang bibit yang ditanam idealnya minimal 30 cm. Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10 cm. Jika terlalu dalam maka akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Setelah ditanam, media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka. Penyiraman awal dilakukan dengan tambahan 15 gram SUPERNASA per tanaman, bisa larutan SUPERNASA ini dilarutkan terlebih dahulu baru disiramkan.
5. Pemeliharaan Tanaman
Pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam di pot tidak jauh beda dengan buah naga yang ditanam di kebun, yaitu meliputi pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Penyemprotan POC NASA dan HORMONIK pun tidak berbeda jauh dengan di kebun. 3 tutup POC NASA dan 1 tutup HORMONIK dalam 12-15 liter air. Semprotkan secara berkala 1-2 minggu sekali. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah tanaman dipastikan menempel dengan baik pada tiang panjatan agar tidak roboh. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengikatan batang buah naga pada tiang dengan menggunakan tali atau kawat dengan bentuk ikatan seperti angak "8". Pada saat mengikat, ikatannya tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusak batang atau cabang seiring pertumbuhannya yang semakin membesar.

Rekomendasi produk : (1) POC NASA; (2) HORMONIK

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUBUNGI
(CALL / WA / SMS) : 081234564177
site : www.agenptnasa.com
         www.nasasurabaya.com



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MENANAM BUAH NAGA DALAM POT
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/menanam-buah-naga-dalam-pot.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.