MUDAHNYA BETERNAK ENTOK

Posted by NASA SURABAYA Kamis, 23 November 2017 0 komentar

Entok adalah jenis unggas yang mempunyai ketahanan tubuh yang kuat. Jenis unggas ini bisa terbang seperti burung, namun tidak bisa terlalu tinggi terbangnya. Unggas ini cocok Anda ternakan karena bisa dikonsumsi sendiri atau dijual. Di bawah ini ada beberapa langkah untuk ternak entok yang bisa langsung Anda praktekkan.

1. Persiapan kandang
Jika ingin beternak entok secara serius, tentu yang harus dipersiapkan pertama kali adalah kandang yang layak untuk entok. Prinsipnya kandang entok hampir sama saja dengan kandang itik. Entok juga butuh kandang "umbar", yaitu tempat mentok bermain di air atau semacam kolam karena entok atau mentok ini suka berenang.

Anda dapat membuat kandang dengan ukuran 4 m x 12 m= 48 m2. Kandang tersebut dapat menampung 400 ekor entok. Sediakan pula tempat pakan dan tempat minum pada kandang. Buat juga tempat bertelur dari kayu yang berbentuk kotak dan diisi dengan ampas padi.

2. Persiapan bibit

Anak entok sebaiknya langsung dipisahkan dari induknya dan ditaruh di kandang tersendiri (setelah 3 hari menetas). Siapkan kandang baterai untuk menempatkan meri/anak entok. Keuntungan dari dipisahkannya anak mentok juga agar lebih mudah memberikan pakan khusus untuk meri tersebut. Sementara itu, biarkan atau gabungkan meri dengan induknya selama 1 sampai 2 hari agar si induk bisa memberi tahu/memberi contoh cara makan minum pada anaknya.

Kandang baterai harus dilengkapi dengan lampu pijar 5/10 watt dan diberi wadah minum. Untuk menjaga kesehatan meri kita berikan vaksin Vitachicks untuk menghindari terjangkit flu/pilek. Sementara itu, untuk ukuran ransum makan meri adalah sebagai berikut:
  1. 1 sampai 2 minggu, diberikan konsentrat starter
  2. Minggu-minggu selanjutnya bisa mencampurkan konsentrat dengan pakan induk 
Induk entok akan bertelur 1 bulan setelah (disapih) atau dipisahkan dari anaknya. Entok bertelur dalam periode 2 atau 3 minggu dengan masa pengeraman selama 35 hari.

Selanjutnya untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh entok agar tidak mudah terserang penyakit serta mengurangi bau kotoran entok agar tidak menyengat maka berikanlah produk suplemen VITERNA Plus yang mengandung vitamin dan mineral lengkap serta beberapa protein. Dimana penggunaannya dengan dosis 1 tutup botol Viterna Plus dicampur per 3 – 5 kg pakan entok terutama pakan dalam bentuk konsentrat ditambah air secukupnya untuk meratakan, setiap hari 2 kali pada pemberian pakan pagi dan sore.

3. Pemeliharaan


Pemberian pakan entok cukup sederhana dan mudah, yaitu dedak atau bekatul saja sudah cukup. Entok makannya sangat banyak karena merupakan binatang rakus. Satu ekor entok induk betina bisa menghabiskan setengah kilogram dedak setiap harinya. Di samping itu makanan lain, seperti sisa nasi, sayuran, jagung sangat digemari.

Etntok merupakan salah satu unggas yang tahan dari serangan penyakit. Biasanya hanya terserang pilek pada peralihan musim, tapi hal ini tidak akan mengakibatkan kematian.
Apabila terkena penyakit dobol yang disebabkan karena rusaknya kantong telor dan pengeluaran telor yang terus menerus sehingga mengakibatkan dobol dan mengakibatkan kematian.

Anda juga bisa menyilangkan entok betina dengan bebek pejantan sehingga menghasilkan Beranti dengan bentuk dan penampilanya yang bagus, badannya tinggi seperti bebek, tegap seperti entok dan bulunya halus.

Jika Anda ingin beternak di rumah atau pekarangan Anda, Entok ini cocok untuk usaha. Selain pakan bisa diambil dari sisa-sisa nasi yang dicampur dedak, entok juga lebih tahan penyakit. Pangsa pasarnya juga masih luas dan sedikit pesaingnya. Selain dagingnya, bulu entok juga bisa dijual ke pabrik shutle cock untuk bulutangkis. Menarik bukan? Jika Anda tertarik, Anda bisa mulai mencoba beternak entok dari sekarang. Semoga berhasil.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MUDAHNYA BETERNAK ENTOK
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/mudahnya-beternak-entok.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.