PANGKAS TANAMAN AGAR TANAMAN MENJADI LEBIH PRODUKTIF

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 24 November 2017 0 komentar

Tanaman yang rimbun sepertinya terlihat tumbuh subur, akan tetapi tanaman yang rimbun belum tentu bagus. Ibarat rambut di kepala yang sudah terlalu panjang, maka sekali waktu perlu juga dipangkas, bukan ?

Mengapa tanaman harus dipangkas?

Secara pertumbuhan tanaman yang rimbun itu adalah tanaman yang subur, tetapi rimbunnya tanaman akan mempengaruhi perkembangan yang tidak merata karena adanya persaingan ruang tumbuh dan juga cahaya matahari. Dengan melakukan pemangkasan tanaman maka akan terjadi keseimbangan pertumbuhan antara bagian-bagian tanaman tersebut. Maka dari itu perlulah melakukan pemangkasan tanaman sejak dini agar pertumbuhan tanaman akan lebih teratur. Pemangkasan pada tanaman buah juga dapat menghasilkan buah yang lebat dan juga optimal.

Pola Tajuk Professional look

Sebagian besar tanaman buah,secara alami, tumbuh tidak beraturan. Artinya, pertumbuhan cabang, ranting, dan daun lebih banyak ditentukan oleh faktor alam dan juga lingkungan itu sendiri sehingga bentuk tajuk menjadi tidak berpola. Contoh tanaman jenis ini adalah anggur, apel, belimbing, jambu air, jambu biji, jeruk, mangga,dan sirsak. Apabila tanaman dibiarkan tidak teratur maka akan mengakibatkan produktivitas tanaman dan kualitas buah yang dihasilkan tidak akan optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemangkasan agar memacu produktivitas tanaman.Pemangkasan yang terbaik adalah dengan model professional look yang ringkas,efisien,dan rapi.Cara membuat pola professional look adalah dengan membuat jarak antara ujung akar dan ranting seringkas mungkin.Percabangan diusahakan penyebar rata ke semua arah mata angin.

Ada pun syarat membentuk tajuk produktif adalah sebagai berikut :

  1. Percabangan menyebar kesemua arah. Sehingga pola tajuk berbentuk seperti payung, silinder,ataupun berbentuk kerucut.
  2. Setiap cabang mempunyai wilayah tumbuh masing-masing yang tidak saling tumpang tindih dengan cabang lain.
  3. Cabang-cabang jangan dibiarkan tumbuh lurus terlalu panjang. Harus ada anak cabang setiap jarak 50-100 cm.
  4. Daun-daun tidak saling menaungi agar semuanya mendapat cahaya matahari secara merata
Bila bentuk tajuk sudah terlihat 'penuh', ringkas,dan rapi maka criteria professional look telah tercapai. Kemudian, tinggal menunggu saatnya berbuah.Selamat mencoba!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PANGKAS TANAMAN AGAR TANAMAN MENJADI LEBIH PRODUKTIF
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/pangkas-tanaman-agar-tanaman-menjadi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.