PENYAKIT TANAMAN TOMAT

Posted by NASA SURABAYA Minggu, 19 November 2017 0 komentar
Pertanian
Pengendalian penyakit merupakan salah satu faktor penting dalam usaha budidaya tanaman tomat. Serangan hama dan penyakit bisa menurunkan produktivitas panen atau bahkan menyebabkan kematian tanaman. Pengendalian yang tepat menolong kita untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.
Berikut ini beberapa penyakit yang sering dijumpai dalam budidaya tanaman tomat di Indonesia :
1.) Layu Fusarium
Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur Fusarium Oxysporum. Jamur ini awalnya menyerang dari akar kemudian berkembang melalui jaringan pembuluh. Tanaman tomat yang terkena penyakit ini akan berubah menjadi layu dan mati. Jaringan pembuluh yang terserang berwarna coklat dan menghambat aliran air dari akar ke daun, sehingga daun dan batang atas menjadi layu. 
Pada malam hari tanaman masih terlihat segar, begitu ada sinar matahari dan terjadi penguapan tanaman dengan cepat menjadi layu. Pada sore harinya, bisa kembali menjadi segar dan keesokan harinya akan layu kembali hingga akhirnya mati. 
Untuk menghindari serangan penyakit ini gunakan benih yang resisten. Penggunaan mulsa plastik juga bisa menekan perkembangan jamur di dalam tanah. Hindari budidaya tanaman tomat pada bekas lahan yang pernah terserang jamur ini. Berikan jeda yang cukup lama hingga bisa kembali ditanami tomat. 
Untuk membantu mencegah makin berkembangnya jamur ini maka upayakan pH tanah diatas dengan menambahkan dolomit di seputaran batang.  Dan akan lebih kuat lagi adalah dengan menaburkan GLIO setelah dolomit. Hal ini untuk menjaga tanaman dari serangan jamur yang menyebabkan layu fusarium.
2.) Busuk Daun 
Penyakit busuk daun disebabkan oleh jamur PhytophthoraInfestans. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman tomat di daerah dataran tinggi. Gejalanya adalah terdapat bercak coklat hingga hitam. Awalnya menyerang ujung dan sisi daun, kemudian meluas ke seluruh permukaan daun hingga ke tangkai daun. Tanaman yang terserang penyakit ini harus segera dicabut dan dibakar, jangan dikubur. Gunakan varietas unggul dan bebas jamur. Hampir mirip dengan layu fusarium, namun dengan penyebab yang berbeda. Pengendalian dan pencegahannya sama, yaitu dengan menggunakan GLIO yang ditaburkan diseputar tanaman.
3.) Busuk Buah
Busuk buah disebabkan oleh cendawan Thanatephorus Cucumeris. Buah yang terserang akan terlihat bercak berwana coklat,

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PENYAKIT TANAMAN TOMAT
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/penyakit-tanaman-tomat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.