TEKNIK BUDIDAYA KALKUN

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 24 November 2017 2 komentar

Ada banyak jenis unggas yang dapat Anda budidayakan. Beternak unggas bisa menjanjikan keuntungan jika dibudidayakan dengan baik. Hal ini karena banyak orang yang mengkonsumsi daging unggas. Salah satu jenis unggas patut Anda coba budidayakan adalah kalkun. Berikut ini adalah teknik budidaya kalkun yang bisa Anda praktikkan.

1. Pemilihan Bibit dan Lokasi Pembudidayaan Kalkun
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak menbudidayakan kalkun, yaitu memilih bibit kalkun yang baik untuk dibudididayakan. Anda bisa membeli kalkun dari penjual bibit ternak. Namun, apabila Anda sudah memiliki sepasang kalkun jantan dan betina, maka Anda bisa melakukan pembibitan sendiri. Tentu saja, Jika hendak membeli dari penjual, pastikan untuk memilih kalkun yang sehat.

Langkah selanjutnya, setelah mendapatkan bibit kalkun yang sehat, adalah pemilihan lokasi budidaya. Untuk membudidayakan kalkun, lokasi yang paling tepat, yaitu di daerah sekitar pantai, sekitar sungai atau danau, maupun daerah di sekitar persawahan. Hal ini bertujuan agar kalkun yang hendak Anda budidayakan memungkinkan untuk mencari makanan tambahan mereka sendiri.

2. Pembuatan Kandang Kalkun

Selanjutnya, buatlah kandang untuk kalkun tersebut. Pastikan untuk membuat kandang yang cukup luas sehingga kalkun dapat bermain-main di kandang tersebut. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa kandang tersebut memiliki ventilasi yang baik dan mudah untuk dibersihkan. Hal lain yang penting adalah membuat tempat bertelur kalkun di posisi yang aman dari kalkun lainnya. Usahakan juga membuat kandang mengarah ke timur sehingga ketika terbit fajar, sinar matahari akan langsung masuk.

3. Pemberian Pakan dan Pemeliharaan Kesehatan Kalkun

Anda dapat membeli pakan kalkun dari toko peternakan. Hal yang perlu diperhatikan dalam memberi makan kalkun, yaitu porsi. Usahakan untuk membedakan porsi pakan untuk kalkun dewasa dan kalkun anak-anak. Awasi dan kendalikan asupan makanan kalkun karena beberapa jenis unggas memiliki kecenderungan untuk terus makan meski sudah kenyang.

Hal penting yang wajib Anda lakukan selain memberi makan kalkun, yaitu memastikan bahwa kesehatan kalkun selalu terjaga. Berikan vaksinasi dan coba berikan suplemen pada kalkun agar kalkun dapat tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit. Suplemen yang Anda berikan sebaiknya menggunakan suplemen alami sehingga kalkun tumbuh sehat dengan alami. Salah satu suplemen alami adalah produk VITERNA Plus yang berperan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh kalkun agar tidak mudah terserang penyakit serta mengurangi bau kotoran kalkun agar tidak menyengat maka berikanlah produk suplemen VITERNA Plus yang mengandung vitamin dan mineral lengkap serta beberapa protein. Dimana penggunaannya dengan dosis 1 tutup botol Viterna Plus dicampur per 3 – 5 kg pakan kalkun terutama pakan dalam bentuk konsentrat ditambah air secukupnya untuk meratakan, setiap hari 2 kali pada pemberian pakan pagi dan sore.

Menarik bukan? Jika Anda tertarik budidaya unggas, budidaya kalkun dapat menjadi pilihan bagi Anda. Selamat mencoba.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TEKNIK BUDIDAYA KALKUN
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/teknik-budidaya-kalkun.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sukses bund 😘
Jangan lupaa punyaa syaa diuruskan hehehe

NASA SURABAYA mengatakan...

okk

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.