TIPS BUDIDAYA IKAN MUJAIR DI KOLAM TERPAL

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 24 November 2017 5 komentar

Ikan mujair dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik di perairan Indonesia. Budidaya ikan mujair di kolam terpal sudah menjadi cara yang banyak dilakukan saat ini. Selain itu, dana yang dikeluarkan untuk membuat kolam juga tidak banyak. Meskipun begitu, tanah harus dibuat dengan kemiringan 3-5%. Tanahnya juga diusahakan tanah liat karena dapat menampung air dengan baik. Berikut ini langkah-langkah dalam budidaya mujair.


1. Persiapan Kolam
Setelah lahan untuk membuat kolam terpal telah siap, langkah selanjutnya adalah memasang terpal sebagai tahapan mempersiapkan budidaya ikan mujair kolam terpal. Keringkan kolam terlebih dahulu sebagai langkah sterilisasi agar nantinya tidak terdapat bakteri yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan mujair. Anda juga perlu melakukan pemupukan pada lahan dengan pupuk urea dan pupuk kandang. Usahakan kolam berada pada suhu 25-30o C karena merupakan suhu ideal pemeliharaan ikan mujair.

2. Penetasan Telur

Tahap selanjutnya budidaya ikan mujair kolam terpal adalah pemijahan. Caranya adalah taruh telur-telur ikan mujair di dalam lubang. Telur akan dierami di dalam mulut induk mujair sampai menetas. Dalam menyebarkan benih-benih ikan mujair, sekali tebar Anda dapat melakukannya dalam jumlah ratusan. Anda tidak perlu khawatir perkembangbiakannya, karena ikan ini cepat sekali beranak. Dalam waktu 3 bulan saja anaknya sudah banyak.

3. Pemberian Pakan

Pakan untuk ikan mujair tergolong mudah. Ketika masih dalam bentuk benih-benih, ikan mujair makan plankton atau jasad renik. Akan tetapi, ketika sudah dewasa ikan mujair dapat memakan apa saja, seperti lumut dan daun-daunan. Anda juga bisa memberikan kangkung, kubis, dan wortel sebagai makanan tambahan. Pakan pelet biasanya lebih boros untuk ikan mujair karena ikan ini makannya cukup cepat dan dapat memakan apa saja. Pembuatan pakan sendiri akan menekan biaya pembelian pakan sehingga menjadi lebih irit. Selanjutnya untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan mujair agar tidak mudah terserang penyakit maka berikanlah produk suplemen VITERNA Plus yang mengandung vitamin dan mineral lengkap serta beberapa protein. Dimana penggunaannya dengan dosis 1 tutup botol Viterna Plus dicampur 1 liter air dicampur per 3 – 5 kg pelet atau pakan ikan setiap hari 2 kali pada pemberian pakan pagi dan sore.

4. Sanitasi Air

Ikan mujair juga sangat mudah untuk dipelihara jika Anda memperhatikan sanitasi air, yaitu saluran keluar masuk air. Air yang sudah kotor segera diganti dengan yang baru. Jangan sampai kolam kekurangan air, yaitu dengan cara selalu mengontrol banyaknya air yang masuk dan juga kebersihan airnya. Sisa-sisa makanan di dasar kolam beserta feses ikan juga perlu dibersihkan agar kolam menjadi sehat. Untuk menjaga kualitas air agar ikan gurami tidak mudah terserang penyakit akibat dari gas yang kurang baik bagi ikan dari endapan kotoran dan sisa pakan di dalam dasar kolam dapat menggunakan pupuk kolam TON yang dapat menetralisir gas beracun tersebut dan menumbuhkan plankton sebagai pakan alami ikan.

Langkah-langkah sederhana budidaya ikan mujair di kolam terpal di atas juga dapat Anda lakukan di halaman rumah Anda. Selain untuk konsumsi sendiri, hasil panen ikan mujair juga dapat Anda jual. Selamat mencoba!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TIPS BUDIDAYA IKAN MUJAIR DI KOLAM TERPAL
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/tips-budidaya-ikan-mujair-di-kolam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

apa produk PT. NATURAL NUSANTARA untuk bidang perikanan?

NASA SURABAYA mengatakan...

untuk mengelola kolam atau tambak berupa pupuk TON (tambak organik nusantara)

Unknown mengatakan...

Apa saja fungsi TON bagi kolam atau tambak budidaya?

NASA SURABAYA mengatakan...

secara garis besar fungsi TON adalah :
- membebaskan racun-racun sisa budidaya
- mengembalikan kesuburan lahan
- mengikat logam-logam berat
- memupuk plankton untuk pakan alami
- menjaga keseimbangan ekosistem perairan
- merutinkan molting udang

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.