USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM SKALA RUMAH TANGGA

Posted by NASA SURABAYA Sabtu, 18 November 2017 0 komentar
Pertanian
Ingin mencoba usaha jamur tiram di rumah dan mendapatkan keuntungan? Anda bisa melakukannya di sekitar rumah anda. Hal yang terpenting dalam mengembangbiakkan jamur tiram ini anda hanya harus rajin menyiram dan merawatnya.
Cara mengembangbiakkan jamur tiram ini cukup mudah, anda bisa melakukannya di ruangan berukuran 3x4 meter. Modal bisnis ini juga tidak terlalu mahal, untuk memulainya anda bisa mencobanya dengan menanam bibit jamur sebanyak 1000 baglog.
Biaya membuat baglog juga tidak terlalu mahal, hanya berkisar Rp 3,500 per buah, maka dana untuk membuat 1000 baglog jamur tiram sekitar Rp 3,5 jt. Rata-rata 1 bungkus baglog dalam sekali panen dapat menghasilkan seitar 0,7 - 1 ons dengan masa panennya bisa mencapai 8x. 
Lalu bagaimana cara membudidayakan jamur tiram yang bagus? Berikut ini kami berikan tips membudidayakan jamur tiram sehingga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan
Cara Budidaya Jamur Tiram 
  1. Buatlah medianya (baglog) terlebih dahulu. Ambil kira-kira 80% serbuk kayu atau berkisar 8 ons, lalu dicampurkan dengan bekatul atau dedek sekitar 10-15% sebagai nutrisi, kapur pertanian (dolomit yang sudah dingin berupa serbuk untuk penurunan pH sekitar 3%), dan ditambah air secukupnya. Semua bahan tersebut kemudian dicampur dan diaduk rata. Bahan kompos yang sudah diaduk dimasukkan ke dalam plastik ukuran 1 kg atau ukuran 20-30cm, kemudian dipadatkan sampai padat. Setelah penuh, palstik lalu diikat.
  2. Sterilkan media baglog dengan cara dikukus atau direbus selama 8-10 jam dengan panas 85-110 derajat celcius. Anda juga bisa menggunakan kompos gas atau kayu bakar untuk merebus baglog nya. Setelah perebusan baglog selesai, baglog didiamkan untuk menghilangkan panasnya selama 24 jam atau semalaman di ruang inokulasi (ditularkan bibitnya).
  3. Buka penutup baglog bagian atas untuk memasukkan bibit jamur tiram. Bibit jamur tiram dapat anda peroleh di pembudidayaan jamur. Masukkan bibit jamur tiram ke dalma baglog sekitar 1 sampai 2 sendok makan. Lakukanlah pembibitan ini di tempat yang bersih dan steril untuk menghindari bakteri dan juga kuman masuk ke media baglog.
  4. Setelah bibit dimasukkan, langsung diikat lagi. Kemudian ditata di rak dan dimasukkan ke ruang inkubasi berukuran 3x4 m, dengan suhu 24-29 derajat celcius, dan tingkat kelembaban 90-10 lux (cahaya). Ruangan upayakan selalu tertutup dan dalam keadaan gelap, hanya disinari cahaya matahari dari ventilasi, dan ada sirkulasi udara 1-2 jam. 
  5. Setelah sekitar 1-2 bulan di ruang inkubasi, buka lagi ikatannya agar calon jamur menyembul.
  6. Untuk tambahan nutrisinya, siapkan 10 liter air, kemudian tambahkan 3 tutup POC NASA  1 tutup HORMONIK, aduk merata. Ambil dengan suntikan / spuit 10 ml air larutan tadi. Suntikkan dibagian belakang baglog 5 ml per tanaman. Secara berkala 1 minggu sekali.
  7. Siram atau semprot jamur secara rutin sehari 3x. Kualitas jamur baik atau tidaknya ditentukan dari kerutinan menyemprot / menyiramnya. Jika ingin kualitas jamur tiram baik, disarankan menyiramnya dengan cucian air beras.
  8. Sekitar 1-2 bulan jamur akan membesar dan jamur tiram pun siap dipanen. Jamur tiram bisa dipanen berkali-kali sampai 8x panen.
Rekomendasi produk : (1) POC NASA; (2) HORMONIK

ORDER/PENDAFTARAN MEMBER NASA HUBUNGI
(CALL / WA / SMS) : 081234564177
site : www.agenptnasa.com
         www.nasasurabaya.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM SKALA RUMAH TANGGA
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/11/usaha-budidaya-jamur-tiram-skala-rumah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.