3 JENIS USAHA TANAMAN DI LAHAN SEMPIT YANG MENGUNTUNGKAN

Posted by NASA SURABAYA Jumat, 08 Desember 2017 0 komentar
Hasil gambar untuk lidah buaya di pot

Saat ini, akibat pertumbuhan jumlah penduduk mengakibatkan berubah fungsinya lahan pertanian menjadi perumahan penduduk. Pada suatu waktu nanti dikhawatirkan lahan menjadi semakin sedikit, tentunya ini diikuti juga dengan jumlah petaninya. Oleh karena itu, walaupun Anda tidak mempunyai lahan yang luas, Anda masih bisa bertani/berkebun. Hal ini harus diikuti dengan kemauan yang kuat dan mempunyai ilmu pengetahuan tentang bertani yang cukup.


Jenis usaha di lahan sempit ini hanya membutuhkan modal yang sedikit, tetapi mempunyai keuntungan yang banyak. Berikut ini beberapa pilihan usaha tanaman yang cocok ditanam di lahan sempit dengan untung besar.

1. Menanam tanaman obat

Anda bisa menanam tanaman apa saja yang berhubungan dengan obat, seperti menanam tanaman lidah buaya. Anda bisa mananam lidah buaya di pot atau tempat yang sempit. Manfaat dari lidah buaya adalah bisa menyembuhkan luka pada kulit, mengusir racun dari dalam tubuh, untuk perawatan kulit, dipakai untuk menyuburkan rambut, dan manfaat lainnya. Selain lidah buaya, masih banyak juga tanaman obat lainnya yang bisa ditanam di lahan yang sempit dan Anda dimanfaatkan nilai ekonomisnya.

1. Menanam komoditas yang bernilai jual tinggi

Anda bisa memanfaatkan lahan sempit anda dengan menanam komoditas yang menurut Anda bernilai jual tinggi. Misalnya, saat musim kemarau Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan menanam cabai. Anda bisa menanam cabai ini di pot atau lahan sempit lainnya. Jika sudah masa panen, Anda bisa menjualnya ke tetangga atau bias memanfaatkannya sendiri.

2. Menghasilkan bibit unggulan

Jika Anda mempunyai lahan yang sempit, Anda mungkin harus coba ini, yaitu menjual bibit unggulan dari hasil tanaman yang Anda tanam. Misalnya, Anda ingin menjual bibit cabai unggul, maka Anda harus menanam cabai unggul dan merawatnya dengan baik. Setelah tumbuh cabai, Anda bisa mengambil bibit cabai unggul tersebut untuk dijual. Anda juga bisa melakukannya dengan menanam dan menghasilkan bibit unggul dari tanaman lainnya.

Beberapa pilihan usaha di atas tentunya akan menguntungkan jika Anda bersungguh-sungguh mengerjakannya. Sebelumnya, Anda juga harus mengetahui apa yang akan Anda tanam dan mempunyai ilmu yang cukup dalam menanamnya sehingga hasil panennya bisa optimal dan bernilai ekonomis.Selamat mencoba!


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 3 JENIS USAHA TANAMAN DI LAHAN SEMPIT YANG MENGUNTUNGKAN
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/12/3-jenis-usaha-tanaman-di-lahan-sempit.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.