HIDROPONIK SISTEM PASANG SURUT

Posted by NASA SURABAYA Kamis, 07 Desember 2017 0 komentar

Hasil gambar untuk HIDROPONIK SISTEM PASANG SURUT
Pengairan hidroponik sistem pasang surut (Ebb and Flow/Flood and Drain) adalah salah satu sistem hidroponik dengan prinsip kerja yang cukup unik. Dalam hidroponik sistem pasang surut, tanaman mendapatkan air, oksigen, dan nutrisi melalui pemompaan dari bak penampung yang dipompakan ke media yang nantinya akan dapat membasahi akar (pasang). Setelah beberapa waktu, air bersama dengan nutrisi akan turun kembali menuju bak penampungan (surut). Waktu pasang dan surut dapat diatur menggunakan timer sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman tidak akan tergenang atau kekurangan air.

Hidroponik sistem seperti ini umumnya dilakukan dengan pompa air yang dibenamkan dalam larutan nutrisi (submerged pump) yang dihubungkan dengan pengatur waktu (timer). Ketika timer menghidupkan pompa, larutan nutrisi hidroponik akan dipompa ke grow tray (keranjang/tempat/pot tanaman). Ketika timer mematikan pompa air, larutan nutrisi akan mengalir kembali ke bak penampungan. Timer diatur dapat hidup beberapa kali dalam sehari, tergantung ukuran dan tipe tanaman, suhu, kelembaban, dan tipe media pertumbuhan yang digunakan. Media yang digunakan yang dapat menyimpan air cukup baik untuk sistem hidroponik ini, seperti rockwool, vermiculite, serta coconut fiber. Langkah berikutnya yaitu pemupukan berimbang untuk mengoptimalkan hasil panen tanaman cukup dengan melakukan pernyiraman secara berkala pada pagi dan sore hari. Penyiraman awal bias dengan air saja, jika sudah tumbuh tunas bias diberikan cairan nutrisi hidroponik ABmix 50% nya saja, tinggal menambahkan penyemprotan 2 tutup POC NASA dan 1 tutup  HORMONIK dalam 12 liter -15 liter air, agar tanaman lebih baik pertumbuhannya. namun, jika tidak punya, bias menggunakan air cucian beras, air bekas teh, kulit telur yang di blender, dan lain-lain. Usahakan media hidroponik, baki, tida kering tapi juga jangan terlalu basah atau berair.

KEUNGGULAN

Tanaman mendapatkan suplai air, oksigen, dan nutrisi secara periodik. Suplai oksigen lebih baik karena terbawa air pasang dan surut. Selain itu juga mempermudah perawatan karena tidak perlu melakukan penyiraman.

KELEMAHAN

Kelemahan sistem ini diantaranya adalah biaya pembuatan cuup mahal, tergantung pada listrik, dan kualitas nutrisi yang sudah dipompakan berkali-kali tidak sebaik pada awalnya. Setelah mengetahui manfaat dan kekurangan  sistem ini, tentunya anda mulai bisa memilih sistem apa yang akan anda pakai untuk melakukan budidaya tanaman hidroponik.




SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT!!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: HIDROPONIK SISTEM PASANG SURUT
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/12/hidroponik-sistem-pasang-surut.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.