MANAJEMEN PENYIMPANAN DAGING SAPI DAN KAMBING AGAR TETAP AWET DAN SEGAR

Posted by NASA SURABAYA Selasa, 05 Desember 2017 2 komentar
Foto Stockist Nasa Surabaya.



Belum lama ini masyarakat muslim diseluruh dunia melaksanakan ibadah penyembelihan hewan qurban seperti sapi, kambing dan unta. Selain sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT juga merupakan salah satu momentum untuk saling berbagi atau bersedekah khususnya memberi daging hasil pemotongan hewan qurban yang memiliki nilai pahala dan sosial. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah terkadang tidak semua daging hasil pemotongan hewan qurban akan langsung dikonsumsi seluruhnya sehingga diperlukan manajemen penyimpanan yang tepat sehingga tidak mengurangi kualitas daging baik dari segi nutrisi maupun cita rasa serta teksturnya.
Berikut ini tentang manajemen penyimpanan daging hewan khususnya sapi dan kambing baik saat waktu Idul Adha ataupun diluar Idul Adha. Menurut Bapak Nanung Danar Dono, Ph.D. yang merupakan Dosen Fakultas Peternakan UGM yang juga sebagai Direktur Halal Centre Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta ada 4 Langkah menyimpan daging yang baik dan benar yaitu sebagai berikut :
1. Jangan dicuci sebelum disimpan.
Jika dicuci menggunakan air kran, kuman-kuman akan dapat masuk dan masuk ke dalam pori-pori daging. Hal ini dapat merusak kualitas daging. Cucilah daging ketika akan dimasak.
2. Potong-potong dalam plastik.
Cara menyimpan daging yang benar yaitu dengan memotong daging menjadi ukuran yang lebih kecil, kemudian disimpan ke dalam plastik-plastik berukuran ½ kg atau 1 kg. Jika ingin dimasak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap bekudi dalam freezer atau lemari es. InsyaAlloh daging dalam keadaan beku dapat disimpan lebih dari 1 tahun.
3. Simpan di Kulkas Sejuk.
Simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yang sejuk selama 4 – 5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan kedalam lemari es (freezer).
4. Rendam daging dalam suhu normal sebelum dimasak.
Cara yang benar adalah letakkan daging beku yang akan dimasak ke bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MANAJEMEN PENYIMPANAN DAGING SAPI DAN KAMBING AGAR TETAP AWET DAN SEGAR
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/12/manajemen-penyimpanan-daging-sapi-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

produk nasa untuk sapi potong apa saja? bagaimana manfaatnya

NASA SURABAYA mengatakan...

produk yang digunakan : viterna, POC NASA kandungan poc nasa, viterna : protein, mineral, vitamin yang berasal dari bahan-bahan organik/alami, bukan kimia/sintetik.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.