TIPS MENGATASI SUHU EKSTRIM DI KOLAM TERPAL

Posted by NASA SURABAYA Selasa, 05 Desember 2017 0 komentar

ketika melakukan budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal, selain kualitas air, Anda juga harus menjaga temperature suhu air. Hal yang sering terjadi adalah suhu air tidak stabil, jika siang hari suhu akan panas sekali sedangkan ketika malam hari suhu air akan dingin sekali. Dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin ini bisa menjadi salah satu penyebab ikan akan mati. Untuk budidaya ikan lele suhu air paling ideal berkisar anatara 28-30 derajad celsius. Pada budidaya ikan koi suhu yang terlalu dingin akan mengakibatkan nafsu makan ikan menurun dan kekebalan tubuh ikan ikut turun, sehingga ikan mudah terserang penyakit atau bakteri yang membuat ikan mati. Ciri-ciri temperature suhu yang terlalu dingin, antara lain ikan akan bergerombol pada salah satu sisi kolam.

Sementara itu, untuk mencegah suhu terlalu dingin di malam hari pada kolam terpal bisa dengan cara memberi alas sekam padi setinggi 10-12 cm sebelum memasang terpal. Sekam padi ini berfungsi sebagai isolator dan juga sebagai alas agar tanah menjadi rata dan terpal tidak mudah berlubang. Sedangkan untuk masalah suhu yang terlalu panas karena sinar matahari, yang perlu diperhatikan adalah kedalaman kolam. Untuk kolam budidaya lele, tinggi/kedalaman kolam perlu juga ditambah eceng gondok untuk tempat berteduh ikan.

Demikian sedikit tips dan trik mengatasi suhu esktrim pada kolam terpal, Semoga bisa membantu budidaya kolam ikan Anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TIPS MENGATASI SUHU EKSTRIM DI KOLAM TERPAL
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2017/12/tips-mengatasi-suhu-ekstrim-di-kolam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.