APA PERAN JAGUNG/TEBON SEBAGAI PAKAN TERNAK

Posted by NASA SURABAYA Sabtu, 06 Januari 2018 0 komentar
Hasil gambar untuk APA PERAN JAGUNG/TEBON SEBAGAI PAKAN TERNAK

Jagung merupakan jenis tanaman yang penting dalam pemenuhan kebutuhan pakan ternak hampir semua bagian tanaman jagung dapat digunakan sebagai pakan untuk ternak selain itu, hampir semua jenis ternak memerlukan jagung sebagai salah satu komponen penyusun ransum pakannya. jenis jagung yang dimaksud adalah jenis jagung kuning karena mengandung nutrisi yang lebih sesuai dengan kebutuhan ternak

kandungan nutrisi biji jagung sangat sesuai sebagai sumber nutrisi pakan ternak khususnya sebagai sumber energi, protein dan mineral berikut ini adalah komposisi nutrisi biji jagung :

  • air : 11,9%
  • protein : 8,6%
  • lemak : 3,9%
  • serat kasar : 2%
  • betn *) : 70,8%
  • kalsium : 0,02%
  • fosfor : 0,3%

betn = bahan ekstrak tanpa nitrogen
(anggorodi, 1995)

peran komoditi jagung sebagai bahan baku pakan ternak sampai saat ini belum tergantikan upaya untuk menggantikan jagung dengan bijia-bijian lain tampaknya belum berhasil sehingga jagung tetap menjadi bahan baku utama pakan ternak unggas memiliki proporsi yang paling tinggi.
dibandingkan dengan komponen penyusun lainnya dengan demikian fungsi jagung khususnya untuk pakan menjadi sangat penting penggunaan jagung yang relatif tinggi ini disebabkan oleh harganya yang relatif murah, mengandung kalori tinggi, mempunyai protein dengan kandungan asam amino yang lengkap, mudah diproduksi dan digemari oleh ternak (litbang kementan, 2016)

selain biji jagung, komponen tanaman jagung lain yang bermanfaat sebagai pakan ternak adalah jeramun (tebon jagung) tebon jagung sendiri adalah seluruh tanaman jagung termasuk batang, daun dan buah jagung muda yang umumnya dipanen pada umur tanaman 45-65 hari ada pula pula yang menyebut tebon jagung tanpa memasukkan jagung muda ke dalamnya (ilmu ternak.com 2015). tebon jagung merupakan limbah pertanian yang banyak terdapat di pedesaan dan hampir merata di lahan kering. dalam pemberiannya biasanya dicampur dengan bahan pakan lain yang mempunyai kandungan nutrien lengkap akan menghasilkan susunan pakan yang rasional dan murah. teon jagung dapat diberikan pada ternak baik dalam bentuk segar maupun dalam bentuk kering.
pemanfaatan tebon jagung sebagai pakan ternak telah dilakukan terutama untuk ternak sapi, kambing, dan domba.

cukupilah kebutuhan pakan untuk ternak anda dengan memberikan pakan dari komoditas jagung ini, untuk menambah kalori asam amino dan protein



selamat beternak.................
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: APA PERAN JAGUNG/TEBON SEBAGAI PAKAN TERNAK
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2018/01/apa-peran-jagungtebon-sebagai-pakan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.