MINA PADI, PENERAPAN SISTEM BUDIDAYA IKAN-PADI PADA LAHAN PERTANIAN BASAH

Posted by NASA SURABAYA Sabtu, 06 Januari 2018 0 komentar
Gambar terkait


Dewasa ini kerap terjadi permasalahan penurunan hasil produktivitas dari ebrbagai komoditas pertanian selain itu keadaan ini sering kali diperparah oleh kurang optimalnya pemanfaatan lahan sawah yang ada sehingga berdampak pada pendapatan para petani adanya musim penghujan yang berkepanjangan juga menyebabkan keberlimpahan air yang jsutru menjadi ancaman bagi para petani kebrlimpahan air ini menyebabkan lahan para petani menjadi banjir dan gagal panen.

sebagai salah satu solusi guna menghadapi permasalahan tersebut mulai diperkenalkan sistem pertanaman yang diberi nama mina padi. mina padi adalah suatu bentuk usaha tani dengan sistem combined farming atau yang lebih sering kita kenal dengan usaha tani gabungan dalam sistem budidaya mina padi ini genangan air sawah yang tengah ditanami padi dimanfaatkan sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar. tujuan dari diberlakukannya sistem ini adalah untuk meningkatkan pendapatan petani dan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya 2 komoditas yakni pertanian dan perikanan selain menguntungkan dan meningkatkan pendapatan petani, usaha tani mina padi juga bisa membantu program pemerintah dalam usaha memenuhi gizi keluarga.

Gambar terkait


adapun keuntungan yang bisa didapatkan petani terhadap penerapan sistem mina padi ini di antaranya :

  • lahan pertanian jadi termanfaatkan secara optimal
  • mengurangi kuantitas penggunaan pupuk dengan menerapkan sistem ini tanah pada lahan menjadi relatif lebih subur karena mendapat nutrisi dari kotoran ikan yang sekaligus bisa menjadi pupuk organik
  • hama dan penyakit tanaman padi seperti hama tikus, wereng, dan keong mas juga akan sangat berkurang jumlahnya
  • biaya penyiangan tanaman liar juga bisa dikurangi karena akan sangat jarang gulma yang tumbuh dilahan tersebut
  • ikan juga dapat membatasi tumbuhnay tanaman lain yang bersifat kompetitor (pesaing) dengan padi dalam pemanfaatan unsur hara
  • meningkatkan efisiensi tenaga kerja yang ramah lingkungan ini pun mendukung penerapan mina padi, antara lain, poc nasa, hormonik, supernasa, power nutrition, sedang pengendali hamanya ada glio, corrine, juga bvr untuk budidaya padi.
  • sedangkan pada ikan bisa ditambahkan viterna plus yang dicampurkan pada pakannya



selamat bermina padi...........
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MINA PADI, PENERAPAN SISTEM BUDIDAYA IKAN-PADI PADA LAHAN PERTANIAN BASAH
Ditulis oleh NASA SURABAYA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.nasasurabaya.com/2018/01/mina-padi-penerapan-sistem-budidaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Buat Email | Copyright of STOCKIST NASA SURABAYA L.1257.